Posts

Showing posts from 2016

Mendadak Jawa (2) - Menghafal Aksara

Image
Pada artikel yang lalu, saya sudah menceritakan gimana kalutnya saya waktu pindah dari Palembang ke Cilacap. Penggunaan bahasa yang terasa asing itu gak ada apa-apanya dibanding ingatan saya yang satu ini, tentang ujian (lebih tepatnya ulangan harian) bahasa Jawa pertama saya sebagai siswi SD di Cilacap.

Saya gak tau pelajaran bahasa Jawa itu diajarkan sejak kelas berapa, yang pasti murid SD kelas 6 diharapkan sudah mengerti bahwa bahasa Jawa memiliki huruf tersendiri yang disebut aksara Jawa, dan mereka dituntut sudah paham cara menggunakannya. Jadi, gak ada angin gak ada hujan, tiba-tiba saya berada di kelas untuk ulangan bahasa Jawa, tentang aksara Jawa (hanacaraka) pula! Murid-murid diberi soal untuk mengubah 10 kalimat dalam huruf latin menjadi tulisan dalam aksara Jawa.
Sebagai satu-satunya murid baru di kelas yang jumlah muridnya jadi ganjil, saya duduk sendirian, di pojok belakang kelas. Padahal, saat itu penglihatan saya mulai bermasalah (belakangan pas SMP baru diketahui bah…

Calon Sarjana

Image
Hellooo again people!
Gak terasa sudah lamaaaa pisan sejak terakhir saya ngepost artikel di blog ini, tepatnya Juni 2015. Dan saiki udah Mei 2016 rek! Artinya saya menelantarkan blog ini hampir setahun dong? Emang empunya blog ke mana aja sii?
Gak kemana-mana kok sist, cuma fokus mengejar karier menyelesaikan skripsi. Iya, skripsi. Tugas akhir menuju gelar sarjana, yang ternyata gak semudah apa yang dibayangkan sebelumnya. Lagian skripsi itu harusnya dikerjain sih, bukan dibayangin. Uhuk.. #quote of the day.

Well, saya termasuk dalam barisan mahasiswa cinta kampus yang rela bertahan menyandang status mahasiswa selama 6,5 tahun. Iyaaa, enam setengah tahun. Makanya perjuangan lulus dari kampus ini terasa berat dan melelahkan. Soalnya di saat sebagian besar teman saya sudah bisa bagi-bagi THR pas lebaran, saya masih keluyuran di kampus keluar-masuk lab, duduk mengantri di depan ruang dosen untuk bimbingan...bersama adik-adik angkatan yang bisa 2-3 tahun di bawah saya. Wah, jangan tanya gi…