Berapa Usia Kucing yang Sesungguhnya?

My cat. He'll be 5th in January, which means his actual ages is around 40 years old!

Hari ini saya ingin membahas tentang kucing, gara-gara kucing kecil yang sering mampir di kosan tiba-tiba hamil bunting. Iya, bunting. Padahal umurnya baru sekitar satu setengah tahun lho. Kucing kecil tersebut (sebut saja Kitty) dari penampakannya aja jelas-jelas masih ABG. Memangnya umur segitu dia udah puber? Udah masuk masa reproduksi gitu? Soalnya banyak yang bilang kalau kucing yang berumur 1 tahun kalender itu sesungguhnya berusia 7 tahun. Berarti kalo umur si Kitty satu setengah tahun, umur aslinya baru 10 tahun dong. Masa udah bunting sih. How come?

Banyak orang beranggapan bahwa kucing akan berusia 7 tahun (dalam tahun manusia) untuk setiap tahun kalender. Mulai sekarang, lupakan anggapan itu karena ternyata hal tersebut ialah kesalahpahaman belaka alias mitos. Ya bukan mitos juga sih, hanya saja kurang akurat. Faktanya, penuaan kucing bahkan jauh lebih cepat pada dua tahun pertama kehidupannya.

Dilansir oleh situs catster.com dalam artikelnya yang berjudul "How to Calculate A Cat's Age in Cat Years", seekor kucing akan setara dengan manusia berumur 15 tahun pada tahun pertama kehidupannya (tahun kalender), lalu mencapai umur 24 pada tahun kedua. Setiap tahun kalender berikutnya, akan bernilai 4 tahun bagi si kucing. Nah... dari deskripsi singkat tersebut, dapat diperkirakan bahwa usia si Kitty yang kita bahas tadi ialah sekitar 20 tahun. Jika demikian, gak heran di musim kucing kawin begini si Kitty bisa bunting. Ckck,, padahal badannya masih bisa dibilang imut loh -_-".

FYI, kucing yang sering berkelana di luar rumah (outdoor cat) akan menua lebih cepat dibandingkan kucing rumahan (indoor cat). Biasanya, indoor cat dapat hidup mencapai 12 hingga 18 tahun, ada juga yang bertahan hingga 20 tahun. Sedangkan outdoor cat, karena berisiko menghadapi ancaman kecelakaan maupun penyakit, umumnya hanya hidup mencapai 10 tahun.

Penasaran berapa umur kucing peliharaanmu? Untuk mudahnya, cek di diagram berikut ini yuk. Semoga bermanfaat.









 

Comments

Popular posts from this blog

Lagu India yang Disadur Menjadi Lagu Dangdut

Cara Memesan Barang di Berrybenka dan Hijabenka

[Kampus] Kehidupan Kampus IPB Tahun Pertama: Asrama