Lagu India yang Disadur Menjadi Lagu Dangdut

Contek-menyontek udah gak asing lagi di Indonesia, mulai dari bangku sekolah sampai ke tingkat perfilman, ranah permusikan, dan entah apa lagi. Bahkan, musik dangdut yang didefinisikan sebagai "a music of my country" pun gak luput dari praktek ini. Sudah begitu, nyontek dari negara lain pula. Stadium paling parah dari kegiatan contek-menyontek ini -dan sepatutnya dihindari- adalah plagiarisme.

Dalam artikel yang dibahas kali ini, saya gak menggunakan istilah plagiat untuk mendefinisikan lagu-lagu dalam daftar yang akan saya jabarkan, melainkan saduran. Soalnya, beberapa lagu merupakan hasil saduran dan kerjasama, meskipun beberapa lainnya kemungkinan besar memang plagiat. Untuk meyakinkan diri "yang mana" menyadur "yang mana", saya usahakan untuk menyertakan tahun rilis masing-masing lagu. 

So, berikut beberapa lagu India yang disadur menjadi lagu dangdut, dari yang terang-terangan sampai yang gak disangka-sangka. Biar lebih seru, coba dengar lagu aslinya dulu (saya sertakan videonya) lalu kamu tebak versi dangdutnya. Siap? Check this out!

1. Chaiyya Chaiyya - Dil Se (1998)

 Courtesy of King Khan Rules Forever!!!

Ah, yang ini pasti ketebak lah ya. Chaiyya Chaiyya bisa dibilang fenomenal, terbukti setelah satu dekade masih ada penggemarnya yang lipsync dengan lagu ini. Siapa lagi kalo bukan Briptu Norman Kamaru yang sempat membuat heboh jagat dunia maya pada tahun 2011. Di tahun yang sama, lagu ini dibuat versi Indonesia-nya menjadi Chaiyya Chaiyya (judul tetap sama) by Ashraf & Fadia A. Rafiq. Lho kok, bukan Norman yang nyanyi?

2. Tujhe Dekha To - Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Courtesy of pakodiz

Lagu ini juga mudah ditebak bagi yang pernah dengar versi Indonesia-nya, soalnya kalimat pertama lagu Tujuh Kata Cinta by Ashraf (1998) mirip dengan lafal di lagu asli. Lagu tersebut digubah kembali menjadi Tak Seperti Dahulu by Halisa Amalia & Rayyan S. yang muncul dalam film Indosiar produksi Genta Buana Paramita. Film tersebut dibintangi oleh Revi Mariska dan Temmy Rahadi yang sekarang lebih dikenal sebagai presenter program E-News di NetTV.

3. Dil Use Do Jo Jaan De De - Andaz (1971)

Courtesy of Old Hindi Songs

Saya yakin kamu bisa nebak deh.
Yo'i, lagu ini disadur menjadi lagu dangdut berjudul SMS by Ria Amalia yang sempat populer di tahun 2008.

4. Bol Radha Bol - Bol Radha Bol (1992)

 Courtesy of RK Films

Tidak, lagu ini tidak diplagiat oleh Rhoma Irama. Lagu ini disadur menjadi lagu Kata Pujangga (1992), terdapat dalam album khusus Soneta Vol. 1 bertajuk Purnama. Kenapa bukan plagiat? karena Bang Haji jelas menyatakan bahwa lagu tersebut tidak murni miliknya. Malah album tersebut berkolaborasi dengan Lata Mangeshkar, penyanyi terkenal dan playback singer film India yang sangat dihormati. Top markotop! Anyway, Rhoma Irama sempat protes keras pada produser karena pencantuman merk obat sebagai sponsor pada sampul album.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Purnama
5. Aankh Milate Darr Lagta - Raja (1995)

  Courtesy of Hassie Lassie

Yang satu ini cukup menarik. Soalnya banyak yang mengira bahwa lagu Sarmila by Ashraf (populer tahun '90-an) diambil dari Aank Milate Darr Lagta. Kenyataannya, lagu tersebut mencomot langsung dari sumbernya, yaitu lagu berjudul Sharmila O Sharmila dalam film Sitam (1982). Kalo gitu seharusnya yang dicantumkan Sharmila O Sharmila dong? Yah, sengaja biar susah dikit nebak lagunya. Soalnya judulnya ketahuan banget sih.hehhe..

6. Dus Bahane - Dus (2005)

Courtesy of Abdullah Khan

"Stop! Kau mencuri hatiku, hatiku.." Yep, lagu ini disadur menjadi Mimpi Manis yang dipopulerkan Dewi Persik sebagai soundtrack dalam sinetron berjudul sama di tahun 2006.

7. Sama Hai Bahar Ka - Ashiana (1952)

Courtesy of Radjesh Ashabhosle

Lagu ini diadaptasi menjadi lagu berjudul Boneka dari India by Ellya Khadam yang booming antara tahun '50-an akhir sampai '60-an awal, dan masih sering didengarkan masyarakat Indonesia hingga kini.

8. Yeh Aalam Yeh Mausam - Jai Kishen (1994)

Courtesy of SuperJhankar

Kalau kamu gak bisa nebak, wajar. Apa? kamu bisa menebaknya? Good job! Saya gak terlalu suka versi dangdutnya, entah bagaimana lagu itu bisa sampai di telinga saya sekitar tahun 1998. Lagu versi Indonesia-nya dikemas dengan musik disko jaipong menjadi lagu Melati by Erna Sari.

9. Pyar Ka Saaz Bhi Hai - Asli Naqli (1962)

Courtesy of Devanand Hitz

Bagi kamu yang gak terlalu gemar dangdut, mungkin lebih suka mendengar lagu ini dalam versi yang dinyanyikan Slank feat. Nirina Zubir untuk original soundtrack film Get Married (2007). Sebelum itu, lagu tersebut merupakan lagu dangdut berjudul Pandangan Pertama by A. Rafiq (1978).

10. Dil Ka Soona Saaz Tarana Dhundega - Ek Nari Do Roop (1973)

Courtesy of RAFI ARUN GAUTAM

Lagu satu ini menurut saya nadanya catchy banget. Bagi yang pernah dengar nadanya, pasti langsung ngeh pernah dengar notasi itu sebelumnya. Di Indonesia, lagu ini pertama kali disadur menjadi lagu dangdut berjudul Pengalaman Pertama by A. Rafiq (1977), lalu diaransemen ulang dan dinyanyikan Chrisye dalam album Dekade (2002). Lagu ini kemudian dikemas ulang dengan aransemen house music oleh Fairuz A.Rafiq feat. Miladian (2013).

11. Oonchi Oonchi Duniya Ki Deewarein - Nagin (1954)

Courtesy of Lata Melody Queen 
Lagu ini, entah diplagiat atau disadur. Tapi stick to the title aja deh. Lagu ini disadur menjadi lagu dangdut berjudul Surga Dunia by Elvy Sukaesih yang masuk dalam album kompilasi terbaik bertajuk "20 Best Seleksi Dangdut Elvy Sukaesih" (1997). Masalahnya, di situ tertulis bahwa lagu ini ciptaan Ruston Nawawi. Ini agak ambigu ya, karena setelah tahu sumber lagunya saya yakin yang dimaksud ialah pencipta lirik.

12. Main Aaya Tere Dware - Dharkan (1972)

Courtesy of ANGELSCARIBBEANBAND

Main Aaya Tere Dware disadur menjadi lagu dangdut yang cukup terkenal berjudul Bunga Dahlia. Lagu tersebut pertama kali dinyanyikan oleh Su'udiah Hasanah dalam album dangdut grup musik O.M. Pengabdian pimpinan Alwi Hasan yang dirilis tahun 1984. Lagu ini kemudian dinyanyikan kembali oleh beberapa penyanyi tanah air, seperti Ida Laila, Ike Nurjanah, dan Mus Mulyadi.  Konon, lagu ini adalah lagu dangdut pertama yang dikenalkan ke Jepang. Coba cek tautan yang saya sematkan pada judul lagu Bunga Dahlia, kamu akan menemukan beberapa komentar berbahasa Jepang di situ.

13. Bane To Ban - Dulha Dulhan (1964)

Courtesy of rajeev pradhan

Lagu ini disadur menjadi lagu dangdut berjudul Gadis atau Janda by Elvy Sukaesih & Mansyur S. sekitar tahun '70-an. Lagu tersebut masih sering terdengar hingga saat ini, di radio maupun acara hajatan.

14. Sawan Ka Mahina - Milan (1967)

Courtesy of Rajshri

Sampai di sini, mungkin ada di antara pembaca yang merasa tebak-tebakan ini dari tadi terlalu gampang. Err... hampura keun abdi, soalnya saya bukan pendengar dangdut sejati sih. Lagu dalam daftar ini ialah lagu yang pastinya pernah saya dengar dan saya yakin unsur penyadurannya. Anyway, Sawan Ka Mahina pertama kali disadur menjadi lagu berjudul Sembako Cinta by Thomas Djorghi. Lagu Sawan Ka Mahina juga digubah liriknya oleh Zoel Anggara menjadi lagu Kumbang dan Madu by Helvy Maryand. Entah siapa yang lebih dulu menyadur, yang pasti kedua lagu dirilis di atas tahun 2000.

15. Hai Na Bolo - Andaz (1971)
Bagi kamu yang sudah lahir di tahun 90'an, pasti tahu lagu anak-anak berjudul Bolo-bolo yang dulu dipopulerkan oleh Tina Toon di tahun 1998. Aransemen musiknya terdengar playful dan ada unsur musik dangdut. Kalo belum tahu, cek dulu deh video berikut.

Courtesy of SilvanoTelevision

Saya bukan penggemar Tina Toon, tapi lagu itu dulu booming banget, jadi mau gak mau hapal juga lagunya, minimal lirik pertama. Lebih dari satu dekade kemudian, pencipta lagu tersebut diundang ke acara bincang-bincang di televisi, and I was impressed. Sampai akhirnya saya menemukan video berikut. 

Courtesy of jijo krishna

And I was like "Apaaah?" *zoom in zoom out* It was quite devastating. Sejauh yang saya tahu, dimana-mana ditulis bahwa pencipta lagu Bolo-bolo ialah Papa T. Bob. Gak ada penjelasan atau keterangan bahwa lagu tersebut disadur -atau minimal terinsiprasi lah- dari lagu anak-anak India. Wah, gimana ini. Tapi kalo kamu cermati, lagu tersebut hanya mirip bagian awalnya, di tengah lagu nadanya mulai berbeda. Jadi anggap lah Bolo-bolo ini terinspirasi dari Hai Na Bolo.

Menurut saya, ada baiknya suatu lagu mencantumkan dengan jelas siapa pencipta lirik dan siapa pencipta musik atau notasi lagu tersebut. Saat wawancara dengan wartawan atau dalam acara talkshow, gak ada salahnya menyatakan darimana inspirasi lagu tersebut didapat. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap karya musisi lainnya. Jangan sampai karya musisi Indonesia dituduh sebagai suatu penjiplakan yang melanggar hak cipta. Bagaimana bisa musisi mengeluh tentang pembajakan yang merajalela, tapi di sisi lain mereka sendiri kurang menghormati hak cipta karya seni musisi lainnya?
Semoga dunia dangdut dan ranah permusikan Indonesia suatu saat bisa lepas dari unsur plagiarisme.

*NB: Bagi Anda yang ingin meng-copy/paste artikel ini, harap sertakan sumber. Plagiat sungguh perbuatan tercela! 
*Bonus:
1.  Kopi Dangdut merupakan lagu adaptasi dari Moliendo Cafe yang diciptakan musisi Venezuela bernama Hugo Blanco tahun 1985 dan pernah dipopulerkan oleh Julio Iglesias.
Courtesy of Arturo Manrique
2. Lagu dangdut berjudul Sedang-sedang Saja yang rilis pada tahun 1991 "disadur" ke dalam lagu India berjudul Tinak Tin Tana dalam film Mann (1999).
Courtesy of shreedepmusic

Courtesy of Bollywood Songs With Eng Subs XIV

Berbeda dengan semua lagu yang ada dalam daftar di atas, lagu Sedang-sedang Saja justru dijiplak lagu India. Lagu tersebut asli ciptaan mantan personil band PMR bernama Buy Akur. Band PMR sendiri merupakan grup dangdut tahun 90-an yang melejit karena lagu Neng Ayo Neng. Lagu ciptaannya berjudul Sedang-sedang Saja ini tidak hanya popular di Indonesia dan Malaysia, namun sampai ke India. Selain lagu Sedang-sedang Saja, ciptaan lainnya yang meledak di pasaran adalah Keong Racun. Ironisnya, setelah melewati proses gugatan yang minim dukungan dari pemerintah Indonesia, hak cipta lagu tersebut sulit diperjuangkan sehingga meskipun karya-karyanya menjadi hits di negeri sendiri maupun di luar negeri, namun keadaan Buy Akur secara materi sangat jauh dibanding para pencipta lagu sukses Indonesia lainnya.

Sumber Artikel:
Fender Y. 2011. Bollywood Benang Merah Musik Dangdut. [Tautan Berkala] Yadie Fender
Kaka A. 2013. Lagu Dangdut yang Jiplak India. [Tautan Berkala] Kompasiana.com
Santoso I. 2012. 5 Lagu Indonesia Lainnya yang Mirip dengan Lagu Luar Negeri. [Tautan Berkala] Uniknya.com
Wikipedia.com


Comments

  1. wow...trnyata byk juga ya lagu dangdut saduran, baru tau....
    thanks infonya dek...

    ReplyDelete
  2. Ada yg kurang masih mas... saya lupa nama penyanyinya, lagu mera mann di film amir khan jg prnh saya denga skitr taon 2000 an klo gk salah, apa d sini ad yg tau

    ReplyDelete
  3. wao....1000 jempol buat ente bro..., ayo trus posting karena msh banyak lagi yg lain.., biar semua tau kalo lagu dangdut yg notaben ngehits malah hasil saduran alias JIPLAKAN, yg bikin miris penciptanya yg sebenarnya hanya bikin syair indonesianya tidak mau mencantumkan original songnya.. biar dikira ciptaannya kali.... hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kan pencipta nya udah izin lah ke pencipta india nya.. oooooo

      Delete
  4. Contoh lain
    Original Song----------------------------->>>> Saduran
    -Kabhi Kabhi mere dil me----------------->>>> Khayalan Masa lalu By Ida Laila
    -Aane se Uske ---------------------------->>>> Gulali Dunia by Rhoma Irama.
    Sebenernya msh banyak lg.. cuma ane lupa...😃😄😅😆

    ReplyDelete
  5. Kertas dan api Mansur S. lagu indianya judulnya apa ya..,, ada yang tau ga ?

    ReplyDelete
  6. Mahiya teri kasam

    cek di: http://versusdangdut.blogspot.co.id/2013/03/100-lagu-india-yang-disadur-ke-lagu.html#more

    ReplyDelete
  7. LAGU INDIA YG DI SADUR MANSYUR, PAGAR MAKAN TANAMAN, JUDULNYA APA,,ADA YG TAHU GA YAH,,,

    ReplyDelete
  8. Hai teman,, saya sudah lama sekali cari lagu india yg di sadur mansyur s. yg berjudul pagar makan tanaman,,,kasih tahu dongg,,

    ReplyDelete
  9. Sebenernya masih aDa lgi. Tu lgu "yg ku cinta padamu" ada tu yg versi india aku prnah dgr dlu wktu aKu msh SD. Tp ku lupa ost film apa. Brg x
    AGAn ada yg tau, tolong ksh tau aku y. Q lgi nyari nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yad teri yad te hai fim Afsana Pyar Ka

      Delete
  10. Kalau film barsaat yg judulnya "teri adao pe marta hoon" versi dangdutnya ap yah?

    ReplyDelete
  11. yang lagu bhol radha bhol itu dari film sangam, Raj Kapoor tahun 1964 atau 1965 gitu. kalo film bhol radha bhol tahun 1992 itu film nya Aamir Khan
    #cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bol Radha Bol 1992 itu aktor nya Rishi Kapoor.

      Delete
    2. Bol Radha Bol 1992 itu aktor nya Rishi Kapoor.

      Delete
  12. Sebenarnya banyak sekali lagu lagu dangdut yg mengambil dari lagu india.
    Ini beberapa nya
    Cekidoot..
    Mujhe Ishq Hai Tujhi Se; Jelita - Muchis Alatas
    Basti Basti parvat parvat: Tanamor - Muchis Alatas.
    Yehi Hai Woh Saanjh Aur Saavera: Cinta Pertama - Rhoma Irama.
    Jaan Chali Jaye: Rindu Menanti - Elvy Sukaesih.
    Yeh Kya Kiya Re Duniyawale: Berdarah Lagi - Elvy Sukaesih.
    Kya Miliye Aise Logo: Anak Pertama - Rhoma irama.
    Dll

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya banyak sekali lagu lagu dangdut yg mengambil dari lagu india.
    Ini beberapa nya
    Cekidoot..
    Mujhe Ishq Hai Tujhi Se; Jelita - Muchis Alatas
    Basti Basti parvat parvat: Tanamor - Muchis Alatas.
    Yehi Hai Woh Saanjh Aur Saavera: Cinta Pertama - Rhoma Irama.
    Jaan Chali Jaye: Rindu Menanti - Elvy Sukaesih.
    Yeh Kya Kiya Re Duniyawale: Berdarah Lagi - Elvy Sukaesih.
    Kya Miliye Aise Logo: Anak Pertama - Rhoma irama.
    Dll

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Memesan Barang di Berrybenka dan Hijabenka

[Kampus] Kehidupan Kampus IPB Tahun Pertama: Asrama