Jaringan Wi-fi di Laptop Anda Bermasalah, Tapi di Laptop Orang Lain Bisa? Coba Solusi Ini

Seharian ini saya dibikin pusing gara-gara jaringan wi-fi kosan gak mau terkoneksi di laptop. Padahal, jaringan yang sama bekerja dengan baik di smartphone android saya. Awalnya sih saya biarin aja dengan harapan nantinya bakal pulih sendiri. Hingga setengah hari berlalu, ternyata laptopnya masih ngeyel juga. Kzl,,kzl,,kzl...!! Saya mulai panik dan mikir macam-macam deh. Takut kena malware lah, takut kena virus lah, segala macem. Tapi setelah saya uji coba, kedua opsi tersebut rasanya gak mungkin, soalnya begitu saya coba tethering "portable wi-fi hotspot" dari HP ke laptop ternyata browser di laptop berhasil tersambung dengan internet.

Akhirnya dengan level keawaman tingkat tinggi, berbekal kata kunci "wifi gak konek tapi tethering bisa" (lol!), saya coba mencari solusinya di mbah Google. Untungnya saya langsung nemu artikel dengan solusi masalah yang mirip dengan gejala laptop saya, and it works! Berikut rangkuman langkah-langkah yang disarankan artikel tersebut:

1. Periksa apakah ada icon segitiga tanda seru di bagian bar sinyal wifi.
Kalo ada, berarti kita tetap gak bisa mengakses internet untuk melakukan browsing.
Momok menakutkan :(
2. Jika itu terjadi, coba klik icon tersebut, lalu klik "Open Network and Sharing Center".
Klik change adapter settings, lalu klik kanan Wireless Network Connection dan klik Properties. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), maka akan muncul sebuah window yang menampilkan detail IP address pada komputer kita. Jika detail tersebut masih terisi, coba catat dahulu detail yang tertera, pilih Obtain an IP address automatically, lalu klik OK. Tunggu sebentar, lalu cek apakah segitiga tanda seru warna kuning masih nangkring di icon wireless connection. Kalau sudah hilang, berarti laptop sudah bisa tersambung ke internet.

3. Bila langkah kedua gagal, berarti ada masalah pada Wi-fi card kita.
Solusinya, klik kanan pada My Computer lalu klik Manage, kemudian pilih Device Manger. Lihat pada bagian Network adapters, klik dua kali. Klik kanan pada hardware Wi-fi di laptop kita, lalu klik Uninstall. Matikan sebentar wifi di laptop Anda, lalu nyalakan kembali. Buka kembali Network and Sharing Center lalu set up a new connection or network. Sistem driver secara otomatis akan terinstall kembali, dan voila! Koneksi internet Anda niscaya kembali normal.

Dalam kasus saya, saya melakukan langkah ketiga dan berhasil! Semoga bermanfaat, dan semoga solusi di atas juga dapat mengatasi masalah Anda. Selamat mencoba. :)







Comments

Popular posts from this blog

Lagu India yang Disadur Menjadi Lagu Dangdut

Cara Memesan Barang di Berrybenka dan Hijabenka

[Kampus] Kehidupan Kampus IPB Tahun Pertama: Asrama